全部 标题 作者
关键词 摘要

OALib Journal期刊
ISSN: 2333-9721
费用:99美元

查看量下载量

Analisis Kandungan Nikotin Pada Tembakau (Nicotiana Tabacum) Yang Digunakan Sebagai Tembakau Kunyah Dan Pengaruh Konsumsinya Terhadap Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (Bblr) Di Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo Sumatera Utara

DOI: -, PP. 1-9

Subject Areas: Global Health, Public Health, Nursing

Keywords: BBLR, Tembakau Kunyah

Full-Text   Cite this paper   Add to My Lib

Abstract

Prevalensi BBLR secara global hingga saat ini masih tetap berada dikisaran 10-20% dari seluruh bayi yang lahir hidup setiap tahunnya. Terdapat banyak faktor resiko yang menyebabkan kejadian BBLR dan salah satunya adalah konsumsi tembakau kunyah. Tembakau dapat merusak sistem reproduksi, berkontribusi kepada keguguran, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah,dan penyakit-penyakit pada anak-anak seperti hiperaktif. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis kandungan nikotin pada tembakau kunyah yang dipergunakan ibu hamil dan pengaruh masing-masing jenis tembakau terhadap kejadian berat badan lahir rendah. Hasil penelitian ini diharapkan membuktikan dan memperkuat ilmu pengetahuan yang ada mengenai pengaruh konsumsi tembakau kunyah terhadap kejadian berat badan lahir rendah yang akan dipublikasikan dalam jurnal lokal yang mempunyai ISSN atau jurnal nasional terakreditasi dan tambahan bahan mengajar sesuai dengan materi yang ada. Penelitian ini dilakukan di daerah Kecamatan Lau Baleng dengan 13 Kelurahan/Desa yaitu Buluh Pancur, Durin Rungun, Kinangkong, Kutambelin, Lau Baleng, Lau Peradep, Lau Peranggunen, Lingga Muda, Martelu, Mbal-mbal petarum, Perbulan, Rambah Tampu dan Tanjung Gunung. Metode penelitian analitik observasional case control dengan pendekatan retrospective. Pengaruh konsumsi tembakau kunyah terhadap kejadian berat badan lahir rendah pada bayi dapat diketahui dari perbandingan (rasio) antara proporsi kelompok kasus yang terpapar (expourse) risiko dengan proporsi kelompok kontrol yang tidak terpapar risiko. Dengan jumlah kasus dan kontrol masing-masing 23, perbandingan 1:1, yang akan dianalisis secara univariat, bivariat dengan chi-square.

Cite this paper

Kembaren, M. B. S. (2019). Analisis Kandungan Nikotin Pada Tembakau (Nicotiana Tabacum) Yang Digunakan Sebagai Tembakau Kunyah Dan Pengaruh Konsumsinya Terhadap Kejadian Berat Badan Lahir Rendah (Bblr) Di Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo Sumatera Utara. Journal of Health Science and Physiotherapy, e8959. doi: http://dx.doi.org/-.

Full-Text


comments powered by Disqus

Contact Us

service@oalib.com

QQ:3279437679

WhatsApp +8615387084133

WeChat 1538708413