oalib
Search Results: 1 - 10 of 100 matches for " "
All listed articles are free for downloading (OA Articles)
Page 1 /100
Display every page Item
PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DAN JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN (SUSENAS 2001)  [cached]
Titiek Setyowati,Agustina Lubis
Bulletin of Health Research , 2012,
Abstract: PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DAN JAMINAN PEMELIHARAAN KESEHATAN (SUSENAS 2001)
HOUSEHOLD SURVEY IN INDONESIA, 1972: Part 1. Morbidity  [cached]
L. Ratna Budiarso,J. Sulianti Saroso
Bulletin of Health Research , 2012,
Abstract: Untuk perencanaan Pelita II dalam bidang kesehatan, diperlukan keterangan2 dasar dari penduduk. Pada bulan September dan Desember 1972, diadakan survey Rumah Tangga untuk mengumpulkan data mengenai gambaran penyakit dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan. Daerah yang disurvey ialah Jawa dan Luar Jawa, yang meliputi: Daerah urban dengan fasilitas kesehatan dan komunikasi yang cukup. Daerah rural dengan fasilitas kesehatan dan komunikasi yang cukup. Daerah rural dengan fasilitas kesehatan dan komunikasi yang kurang. Wawancara dan pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tenaga2 dokter dan Mahasiswa kedokteran tingkat terakhir. Sejumlah 21.036 rumah tangga disurvey, yang terdiri dari 111.689 penduduk. Dalam survey ini didapati 5547 orang sakit dalam waktu 1 bulan terakhir, atau 5,0% dari pendu-duk yang disurvey. Menurut golongan umur, didapati bahwa anak2 dan orang tua yang banyak terserang penyakit : rate ialah 8,4 per 1.000 bayi, 8,0 per 1.000 anak berumur 1-4 tahun, 7,5 per 1.000 orang berumur 45 - 49 tahun dan 11,4 per 1.000 orang berumur 50 tahun keatas, sedangkan rate kesakitan dari golong-an umur 10 -19 tahun hanya 2,0 per 1.000 orang. Penyakit yang terbanyak diderita ialah radang alat pernapasan bagian atas 8,8 penyakit kulit 6,4, tuber-culosa paru2 5,2 dan radang alat pernapasan bagian bawah 3,7 per 1.000 penduduk. Pada anak2 dibawah umur lima tahun, penyakit radang akut dan gangguan gizi adalah yang terbanyak. Pada golongan umur 45 tahun keatas, penyakit tuberculosa dan cardiovaseular meningkat dibandingkan dengan golongan umur yang lebih muda. % Menurut keadaan daerah, rate penyakit didapati berbeda-beda, antara 2,8 per 100 penduduk di Gowa dan Pangkep (strata III) dan 9,4 per 100 penduduk di Asahan dan Tanah Karo (strata II).
Sekilas Puslitbang Pelayanan Kesehatan
Dr. Rudolf L.S. Pattiata
Media of Health Research and Development , 2012,
Abstract: Dengan Keputusan Presiden No. 44 dan 45 tahun 1974, LKN dirubah menjadi "Pusat Pengem-bangan Pelayanan Kesehatan" (Health Services Research and Development Centre = HSR & D Centre) atau Puslitbang Pelayanan Kesehatan, yang kemudian lazim disebut P4K samapi saat ini. Secara struktur organisasi P4K berada di Bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, dan merupakan salah satu Puslit dari 6 Puslit dalam lingkungan Badan Litbangkes, sesuai dengan Kep. Menkes No. 732 tahun 1978.
JENDER DI BIDANG SOSIAL DAN KESEHATAN  [cached]
Supartini Supraptini,Dina Bisara,Anwar Musadad
Media of Health Research and Development , 2012,
Abstract: Di dalam UUD 1945 pada Bab X yang mengatur tentang hak dan kewajiban Warga Negara tidak terdapat satu katapun yang membedakan antara pria dan wanita. Jadi secara hukum dapat dikatakan kedudukan antara pria dan wanita adalah sama, namun di dalam pelaksanaannya masih terdapat perbedaan. Kajian di bawah ini dimaksudkan untuk menggambarkan tentang kesetaraan jender terbatas pada bidang pendidikan, pekerjaan dan kesehatan termasuk akses ke pelayanan kesehatan dan untuk melihat seberapa jauh mitra sejajar telah dilaksanakan di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan dari tahun 1990-1997 jumlah wanita yang sekolah di atas usia 5 tahun sedikit lebih rendah dibandingkan pria. Jumlah wanita yang menikah dalam usia yang sangat muda meningkat dengan tajam dan ditemukan paling tinggi di provinsi Jawa Timur. Dilihat dari akses ke pelayanan kesehatan tampak ada perbedaan rawat jalan antara wanita dan pria pada kelompok usia 15-49 tahun. Untuk rawat inap, persentase wanita yang rawat inap pada usia balita dan lansia sedikit lebih tinggi dibandingkan pria. Dalam keikutsertaan KB tampak adanya kesenjangan yang makin melebar antara wanita dan pria. Keyword : gender, health status, sosial demography
RANGKUMAN DAN KESIMPULAN HASIL DISKUSI KELOMPOK LOKAKARYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KESEHATAN INDONESIA BAGIAN TIMUR  [cached]
DR. Agus Suwandono, MPH, DR. PH.,Drs. Ida Bagus Indra Gotama, SKM,Anorital, SKM Anorital, SKM
Media of Health Research and Development , 2012,
Abstract: Pemerintah saat ini, demi untuk pemerataan yang dicita-citakan telah mengarahkan dan memprioritaskan pembangunan termasuk pembangunan kesehatan ke Indonesia Bagian Timur (IBT). Untuk tidak mengulangi permasalahan yang terjadi di Indonesia Bagian Barat pada waktu yang lampau, dan agar pembangunan di IBT benar-benar merupakan pembangunan yang tumbuh dan berkembang dari bawah sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan masyarakat setempat, maka kebijaksanaan pembangunan terutama pembangunan kesehatan di IBT perlu dibahas, dicari permasalahan yang terpenting dan segera dipecahkan. Salah satu upaya yang diperlukan adalah penelitian terhadap pelayanan kesehatan atau kebutuhan dan situasi sertakondisi masyarakat setempat yang mempengaruhi pelayanan kesehatan. Tentunya dalam menentukan dan melaksanakan penelitian yang dibutuhkan,sumber daya dan kemampuan institusi penelitian juga perlu dibahas.
MENERJEMAHKAN HASIL PENELITIAN KEDALAM KEBIJAKAN DAN PELAYANAN KESEHATAN  [cached]
Siti Sundari
Bulletin of Health Research , 2012,
Abstract: MENERJEMAHKAN HASIL PENELITIAN KEDALAM KEBIJAKAN DAN PELAYANAN KESEHATAN
DETERMINAN KEJADIAN KATARAK DI INDONESIA: RISET KESEHATAN DASAR 2007  [cached]
Lusianawaty Tana,Lutfah Rif'ati,Antonius Yudi Kristanto
Bulletin of Health Research , 2012,
Abstract: DETERMINAN KEJADIAN KATARAK DI INDONESIA: RISET KESEHATAN DASAR 2007
VALIDITAS DAN RELIABILITAS ITEM DISABILITAS DALAM RISET KESEHATAN DASAR 2007  [cached]
Siti Isfandari
Bulletin of Health Research , 2012,
Abstract: VALIDITAS DAN RELIABILITAS ITEM DISABILITAS DALAM RISET KESEHATAN DASAR 2007
Seputar Biaya Pelayanan Kesehatan Gigi Di Institusi Pelayanan Kesehatan Pemerintah
drg. R. Wasis Sumartono
Media of Health Research and Development , 2012,
Abstract: Tulisan ini akan membahas faktor lain selain faktor masih diimpomya bahan gigi (dental material) termasuk bahan gigi tiruan yang berpengaruh pada mahal-murahnya harga pelayanan kesehatan gigi termasuk biaya pasang gigi tiruan dan kaitannya dengan beban penyakit (disease burden) yang dipikul oleh masyarakat, khususnya kelompok berpenghasilan rendah, serta cara untuk memperbaikinya.
Contoh Penggunaan Uji t Dalam Bidang Kesehatan Untuk Satu Kelompok Data  [cached]
Syahrudji Naseh
Media of Health Research and Development , 2012,
Abstract: Dari sekian banyak buku statistika, dapat disimpulkan bahwa hanya ada dua bagian besar yang dibahas dalam statistika induktif, yaitu masalah estimasi (perkiraan) dan masalah uji hipotesis. Sementara itu, dapat juga disimpulkan bahwa uji hipotesis yang populer hanya terdiri dari uji t, uji kai-kuadrat (chi - square) dan uji F. Tulisan ini mencoba memperkenalkan contoh penggunaan uji t dalam bidang kesehatan untuk satu kelompok data, terutama bagi yang belum biasa menggunakannya.
Page 1 /100
Display every page Item


Home
Copyright © 2008-2017 Open Access Library. All rights reserved.